Minggu, 14 Oktober 2012

Ekologi Perairan

Ekologi Perairan adalah ilmu yang mempelajari tentang biota dan hubungannya dengan lingkungan sekitar.
Beberapa parameter yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara biota dan lingkungannya adalah :
  1. Parameter Fisika, meliputi kecerahan ( berhubungan dengan intensitas cahaya matahari yang digunakan fitoplankton untuk fotosintesis sehingga menghasilkan oksigen untuk kehidupan organisme air ), kedalaman ( sebarapa dalam perairan ), temperature ( pada suhu berapa organisme bisa hidup optimal ) alat yang digunakan adalah termometer air raksa dan pscycrometer, dan substrat dasar perairan ( terdapat apa saja pada kedalaman tertentu )
  2. Zonasi Perairan, berhubungan dengan salinitas suatu perairan, alat yang digunakan adalah refraktometer
  3. Debit Air, digunakan untuk mengukur cepat aliran air dan hubungannya dengan kedalamannya. alat yang digunakan adalah jeruk karena masa jenis jeruk hampir sama dengan air
  4. Parameter Kimia, meliputi oksigen terlarut ( semakin besar oksigen terlarut semakin baik kualitas air dan semakin banyak organismenya seperti ikan), karbondioksida ( sebagai penyeimbang dari oksigen dalam perairan ), dan Ph ( keasaman air mempengaruhi jenis ikan yang ada )
  5. Komunitas Biota, jumlah spesies dalam suatu komunitas yang tersebar secara acak
  6. Parameter Biotik, untuk mengetahui biota apa yang ada disuatu perairan dan dapat menentukan spesies dari masing" biota yang ditemukan
  7. Parameter biologi, untuk mengetahui keanekaragaman, kemerataan, dominasi, dan kemiripan spesies pada masing"  ekosistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar